SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Time Line
Ditulis pada hari Kamis, 28 September 2017
250 Dilihat

Meningkatkan Sistem Kinerja : STAKPN Tarutung Melaksanakan Workshop Kepegawaian

Dalam rangka peningkatan kinerja dan sistem kelembagaan serta untuk melatih pegawai dan dosen dalam memahami analisa jabatan, maka sangatlah diperlukan sebuah wadah untuk mewujudkan hal tersebut. Jumat (24/03/2017) menggelar Workshop Kepegawaian dengan konsentrasi “Workshop Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK) dan Pengimplementasian KMA 702 Tahun 2016”. Adapun topik workshop yang diangkat adalah “Penerapan Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja (ABK) untuk menciptakan peningkatan kualitas perencanaan, penyusunan formasi, penempatan pegawai dan peningkatan pedoman perjanjian kerja, laporan kinerja dan tata cara revieu atas laporan kinerja STAKPN Tarutung. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat fungsional dan struktural, utusan dosen, utusan pegawai dari setiap unit.

            Kegiatan ini diawali dengan kebaktian singkat yang dibawakan oleh Pdt. Rencan C. Marbun, M.Th , kemudian dibuka resmi oleh Ketua STAKPN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd. Dalam sambutannya, Ketua STAKPN Tarutung mengajak semua peserta agar benar-benar mengikuti workshop ini serta mampu menyerap materi yang disampaikan oleh narasumber. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah : Drs. Afrizal Zen, M.Si (Kepala Bagian Organisasi dari Biro Ortala Kementerian Agama RI), yang dimoderatori oleh Rohiman Tampubolon, SH (Kasubbag Akademik dan Kemahasiswaan STAKPN Tarutung).

            Dalam paparannya, Afrizal Zen menyampaikan topik mengenai Analisis Jabatan dan Beban Kerja Pegawai di lingkungan kementerian Agama RI. Ada beberapa poin yang disampaikan beliau mengenai Analisis Jabatan dan Analisis Beban Kerja, yakni : Metode Analisis Beban Kerja (Kuesioner, wawancara, metode pengamatan langsung), Standar Kemampuan Rata-rata, Pendekatan Analisis Beban Kerja, Metode Tugas Per Tugas, Formulir Pengukuran Beban Kerja Pegawai, Petunjuk Pengisian Formulir, Contoh kasus, dna tingkat efisiensi Jabatan. Beliau menghimbau agar bagian kepegawaian dapat mensosialisasikan membuat analisis jabatan dan analisis beban kerja terhadap semua pegawai negeri sipil yang ada di STAKPN Tarutung.

            Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama narasumber dan peserta workshop. Diharapkan melalui Workshop ini, Para Pegawai dan Dosen di STAKPN Tarutung mampu menyusun serta menganalisis beban kerja setiap hari. TIPD