SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Slide show
Ditulis pada hari Senin, 27 Maret 2017
196 Dilihat

STAKPN Tarutung Gelar Workshop Penataan Organisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) Tahun 2017

Dalam rangka peningkatan serta Penataan Organisasi di lingkungan STAKPN Tarutung di masa mendatang maka sangatlah diperlukan sebuah wadah untuk membicarakan pengembangan tersebut di masa mendatang. Sabtu (25/03/2017) menggelar Workshop Penataan Organisasi Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri yang bertempat di Gedung Aula Mini Kampus 2 STAKP Negeri Tarutung. Kegiatan ini mengambil topik “Peningkatan Kinerja Melalui Penyusunan dan Implementasi Standar Operasional Prosedure (SOP) STAKPN Tarutung”. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Fungsional dan Struktural STAKPN Tarutung serta para Dosen dan mahasiswa. Kegiatan ini diawali dengan kebaktian singkat, yang dilanjutkan oleh Arahan dan bimbingan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Ketua STAKPN Tarutung Prof.Dr.Lince Sihombing, M.Pd.

            Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut, Ahmad Syahroni, SE, MM (Kasubbag Sistem Standar, dan Prosedur Kerja Biro Ortala Kementerian Agama RI) dengan moderator oleh Dr. Hulman Sihombing, M.Th. Adapun topik yang dibawakan narasumber adalah “Penyusunan Peta Proses Bisnis dan Teknis Penyusunan Standar Operasional Prosedur”. Pada kesempatan itu, beliau memaparkan delapan area perubahan reformasi birokrasi (road Map Reformasi Birokrasi 2015 – 2019), yakni : Mental Aparatur, Kelembagaan, Tata Laksana, SDM Aparatur, Akuntabilitas, Pengawasan, Peraturan Perundang-undangan, Pelayanan Publik dengan sasaran Mewujudkan Birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta Birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas. Lebih jauh lagi beliau membahas bagaimana penataan organisasi Kementerian Agama, kronologis organisasi, pilar organisasi, permasalahan organisasi, keterkaitan penataan kelembagaan dan pemetaan business process.

            Selanjutnya, pada topik yang kedua Ahmad Syahroni, SE, MM menjelaskan Teknik Penyusunan SOP. Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk menyusun SOP, antara lain : Jenis-jenis kegiatan yang mencakup : (ciri-ciri kegiatan pelayanan, ciri kegiatan penugasan, ciri kegiatan rutin), kemudian Kegiatan dalam SOP yang terdiri dari : (SOP mencerminkan kegiatan, SOP menggambarkan kegiatal riil dan distinctive, SOP secara eksplisit sudah membatasi kegiatan awal, SOP mencerminkan jenis kegiatan tertentu, SOP sudah mendeskripsikan ruang lingkup), lebih lanjut lagi beliau menjelaskan bagaimana Simbol-simbol yang digunakan pada penyusunan SOP, yakni : Simbol kotak, simbol belah ketupat, simbol kapsul,simbol segi lima. Simbol anak panah.

            Kegiatan workshop ini diakhiri dengan foto bersama peserta dan narasumber. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat membawa peningkatan kinerja pelayanan di lingkungan STAKPN Tarutung di masa mendatang. TIPD