SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Slide show
Ditulis pada hari Rabu, 01 Maret 2017
351 Dilihat

WISUDA KE- XVI 2017 : STAKPN Tarutung Wisuda 238 Orang

Selasa (28/-02/2017) STAKPN Tarutung menyelenggarakan Wisuda XVI  Tahun 2017 yang bertempat di Auditorium Kampus II Silakkitang. Adapun jumlah mahasiswa yang di wisuda terdiri dari : Lulusan Diploma I Terapan Prodi Pelayanan Anak Kristen (22 orang), Strata Satu (S-1) Pendidikan Agama Kristen (165 Orang), Strata Satu (S-1) Teologi (24 Orang), Strata Satu (S-1) Pendidikan Musik Gereja (13 Orang), Strata Satu (S-1) Pastoral Konseling (8 Orang), Strata Dua (S-2) Pendidikan Agama Kristen (6 Orang). Kegiatan Wisuda di awali dengan Kebaktian yang dibawakan oleh Pdt. Iwan S Tarigan, M.Th dan Pengkotbah oleh Pdt.Donal Sinaga, S.Th (GEPKIN Tarutung Kota).

            Setelah upacara nasional maka acara dilanjutkan dengan kata-kata sambutan dari tamu undangan yang hadir, yaitu : Mewakili perguruan tinggi tetangga (IT Dell Laguboti) yang diwakili oleh Dr. Arnaldi Sinaga selaku Wakil Rektor I bidang akademik dan kemahasiswaan. Dilanjutkan dari lembaga mitra Yayasan Raja Amandari Sabungan Lumbantobing  (RASLT) yang diwakili oleh Simon Lumbantobing, Kepala Kantor Kementerian Agama Tapanuli Utara Dr. Wilson Simanjuntak, M.Pd.K, kemudian dilanjutkan Wilmar Simanjorang dari perwakilan UNESCO. Sedangkan mewakili Pimpinan Gereja disampaikan oleh Pdt. Luhut Simamora, S.Th dari Huria Kristen Indonesia (HKI). Dan terakhir Kepala Kejaksaan Negeri Tarutung Hotma Tambunan, SH, MH yang meyampaikan Orasi singkat tentang Pencegahan dini pelanggaran terhadap pengadaan barang/jasa pemerintah serta mengajak para wisudawan/wisudawati untuk mampu sebagai agen perubahan di tengah-tengah masyarakat.

Selanjutnya Sidang Senat terbuka dengan agenda tunggal Wisudawan/Wisudawati Tahun 2017 dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Dosen Dr. Marudut Situmorang, M.Pd sebelum diserahkan kepada Ketua STAKPN Tarutung untuk melanjutkan acara wisuda. Laporan Akademik disampaikan secara langsung oleh Wakil Ketua I Dame Taruli, M.Pd.K.            Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd selaku Ketua STAKPN Tarutung dalam pidato nya menyampaikan beberapa hal penting kepada wisudawan/ti bahwa selama tahun kedua beliau memimpin di STAKPN Tarutung telah berupaya meningkatkan mutu dan kualitas STAKPN Tarutung dengan 5 budaya kerja Kementerian Agama Republik Indonesia yakni : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggungjawab, dan Keteladanan. Karena melalui pendidikan yang bermutu, inspiratif, dan kompetitif, STAKPN Tarutun diharapkan mampu mengeksplorasi, mengembangkan bakat, kecerdasan, karakter dan waasan untuk menjadikan anda sekalian pelayan yang profesional, unggul, tangguh, berdaya saing global, berjiwa kristiani, leadership, mampu menciptakan lapangan kerja bagi diri sendiri dang orang lain, ujar beliau.

Dihadapan ribuan audiens Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd menyampaikan bahwa saat ini STAKPN Tarutung telah menggandeng beberapa mitra lembaga pengguna alumni yaitu : Lembaga Indonesia Cerdas, dimana para alumni diberangkatkan ke tanah Papua sebagai tenaga pendidik transformasi untuk melayani disana, World Patners USA, GLFI, sebagai komitmen STAKPN Tarutung dalam peningkatan SDM dan pembangunan wilayah berbasis kekuatan akademik serta merupakan langkah untuk memajukan kualitas pendidikan.

Pada kesempatan itu, Prof. Lince juga menyampaikan prestasi yang telah diraih STAKPN Tarutung sepnajang Tahun 2016, yakni : Melalui PSM STAKPN Tarutung meraih prestasi tingkat Nasional peraih Reward Gold untuk kategori Gospel dan Silver untuk Kategori Musica Sacra pada PESPARAWI Tingkat Nasional Ke XIV di Medan, dalam bidang olah raga STAKPN Tarutung meraih Juara II tingkat lokal Kecamatan Sipoholon, Bidang Extra-Kurikuler, prestasi diraih melalui lomba pidato bahasa inggris yang diselenggarakan STAKPN Tarutung bekerjasama dengan GLFI, Juara I diraih Sumarni Sitio, pada event Vocal Group, Jurusan PMG berhasi sebagai Juara I Festival Vocal Group Piala Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama, Juara III Festival Gondang Naposo Horas Samosir Fiesta diraih oleh jurusan PMG, Juara III Kompetisi Band dalam Rangka Launching Film Mata, Hadi dan Telinga yang diraih juga oleh Jurusan PMG.

Dan secara khusus Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd selaku Ketua STAKPN Tarutung mengucapkan selamat kepada wisudawan/ti yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang, yakni :

  1. Lulusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) S-1 atas nama Filiona Sitopu dengan IPK 3,61 (Cum Laude), Aryanti Febrini dengan IPK 3,57 (Cum Laude), Sumarni Sitio dengan IPK 3,55 (Cum Laude)
  2. Lulusan Jurusan Teologi S-1 atas nama Enni Pebrianti Munthe dengan IPK 3.42 (Sangat memuaskan), Esra Octavia Hutasoit dengan IPK 3.36 (Sangat Memuaskan), Rudino Lumbangaol dengan IPK 3.22 (Sangat Memuaskan)
  3. Lulusan Pendidikan Musik Gerejawi (PMG) S-1 atas nama Yohannes Affandi Tambunan dengan IPK 3.36 (Sangat Memuaskan), Elcas Evendi Limbong dengan IPK 3.25 (Sangat Memuaskan), Foloria Feronika Sihombing dengan IPK 3.23 (Sangat Memuaskan)
  4. Lulusan Pastoral Konseling (PK) S-1 atas nama Adelina D. Nababan degan IPK 3.49 (Sangat Memuaskan), Berteman Rejeki Simanungkalit dengan IPK 3.44 (Sangat Memuaskan), Novia Zareth Simarmata dengan IPK 3.40 (Sangat Memuaskan)
  5. Lulusan Pendidikan Agama Kristen (PAK) S-2 Diana Martiani Situmeang dengan IPK 3.76 (Cum Laude)

Diakhir pidato, beliau juga menyampaikan atas nama STAKPN Tarutung mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan/ti yang telah menyelesaikan pendidikan di STAKPN Tarutung tercinta ini.

Setelah Pidato Ketua, dilanjutkan dengan Orasi Ilmiah oleh Dr. Johari Manik, M.Pd.K yang mengambil tema : “Dinamika Pendidikan Agama Kristen Masa Kini”, Sebuah Persfektif dalam Konteks Sistem Pendidikan Nasional. Selesai para wisudawan menyanyikan lagu “Bagimu Negeri” dan “Gaudeamus Igitur” baru dilanjutkan dengan Pelantikan Wisudawan/ti untuk Magister PAK, Jurusan Teologi, Pendidikan Musik Gerejawi dan Pastoral Konseling. Diselingi lagu Medley oleh PSM STAKPN Tarutung dilanjut lagi pelantikan wisudawan/ti untuk jurusan PAK Strata 1 dan Diploma I terapan. Pemberian penghargaan kepada wisudawan/ti terbaik didaulat oleh Pejabat Fungsional dan para tamu undangan untuk memberikan penghargaan. Selanjutnya Penyerahan alumni oleh Wakil Ketua III kepada Pengurus Alumni. Setelah rangkaian acara inti selesai, Ketua Senat Dr. Marudut Situmorang, M.Pd menutup sidang senat terbuka dengan agenda tunggal wisuda ke-XVI STAKPN Tarutung. Kesan dan pesan mewakili wisudawan dan orangtua wisudawan menutup rangkaian acara sebelum kemudian ditutup dengan Doa penutup dan Prosesi Senat meniggalkan tempat upacara, dihantar Tortor oleh mahasiswa jurusan PMG STAKPN Tarutung. TIPD