SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Slide show
Ditulis pada hari Jumat, 18 November 2016
239 Dilihat

GUEST LECTURER : Dr. WAYNE WILLIAM ALLEN, P.hD, D.D MELAYANI DENGAN SEPENUH HATI

Dr. Wayne William Allen, P.hD, D.D merupakan staff dari World Partners yang melayani di Indonesia. Dr. Wayne Allen lahir di Tennessee Amerika Serikat pada tanggal 19 Januari 1951, dan tinggal di 2532 Loganberry cove Fort Wayne, IN 46818-9597 United State of America. Beliau merupakan sosok yang begitu tulus untuk melayani dan memberitakan Fiman Tuhan. Hal itu terbukti dengan pelayanan dilakukannya di Provinsi Kalimantan Barat bersama tim nya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat disana baik dalam bidang pendidikan maupun kerohanian.

Kehadiran Dr. Wayne Allen di kampus STAKPN Tarutung merujuk kepada undangan Ketua STAKPN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd pada bulan Agustus 2016 yang ditujukan kepada World Partner yang berada di Amerika Serikat. Pada tanggal 1 Oktober 2016, World Partner mengutus Dr. Wayne Allen ke STAKPN Tarutung sebagai dosen tamu (guest lecturer). Beliau melaksanakan pendampingan pengajaran (team teaching) untuk beberapa mata kuliah diantaranya: antropologi, pengantar PL, pengantar PB, misiologi dan kepemipinan Kristen di jurusan PAK, Teologi dan Pastoral Konseling untuk S1 dan juga pendampingan pengajaran di program pasca sarja untuk mata kuliah Kepemimpinan Kristen. Sebelum memberikan pendampingan perkuliahan, Dr. Wayne Allen terlebih dahulu melakukan orientasi kelas yang didampingi oleh dosen pengampu mata kuliah. Setiap kelas yang dimasuki oleh Dr. Wayne Allen didampingi oleh dosen pengampu. Jadi bentuk pengajaran yang dilakukan adalah team teaching.

Disamping itu juga, Dr. Wayne Allen memberikan pengajaran bahasa Inggris bagi mahasiswa yang tinggal di asrama baik putra maupun putri. Kegiatan ini disebut dengan English Conversation Meeting dilaksanakan setiap hari Senin-Kamis di Laboratorium Bahasa. Tujuan dari kursus ini adalah untuk memotivasi para mahasiswa belajar bahasa Inggris dan memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Selain beberapa kegiatan tersebut di atas, Dr. Wayne Allen juga melakukan pendampingan untuk kelas TOEFL Preparation yang dikelola oleh Unit Pengembangan Bahasa. Selain mengajar, Dr. Wayne Allen juga terlibat dalam beberapa kegiatan di luar pembelajaran seperti: kegiatan desa binaan sebagai nara sumber kerohanian bagi para Lansia di desa Simamora Hasibuan, sebagai dewan juri dalam lomba berpidato bahasa Inggris di tingkat mahasiswa, dan juga sebagai pembicara utama (keynote speaker) pada seminar internasional yang diselenggarakan STAKPN Tarutung baru-baru ini. Dibalik kesederhanaannya dan niat tulus untuk melayani Tuhan, Dr. Wayne Allen juga melakukan pelayanan kotbah pada kebaktian mahasiswa dan gereja-geraja yang mengundang seperti GKPI dan Gereja Metodis yang ada di Tapanuli Utara.

Tim pendamping dari Unit Pengembangan Bahasa juga memiliki jadwal field trip (darmawisata) untuk Dr. Wayne Allen selama berada di STAKPN. Beberapa daerah wisata dan situs-situs sejarah kekristenan di seputar Tapanuli juga telah dikunjungi oleh Dr. Wayne Allen, diantaranya Salib Kasih di kecamatan Siatas Barita, Gereja Dame dan Huta Dame di Saitnihuta, Monumen Lyman dan Munson di daerah Adiankoting, Muara, Sibolga, Parapat, Tomok dan Tuktuk. Dengan tujuan untuk memperkenalkan lokasi wisata yang dimiliki oleh Tapanuli dan juga situs-situs bersejarah.

Diharapkan kehadiran Dr. Wayne Allen selama kurang lebih 2 bulan di kampus STAKPN dapat membawa dampak positif dengan berbagai informasi, pengalaman dan pencerahan-pencerahan yang disampaikan baik kepada mahasiswa maupun dosen. Dan untuk kedepannya STAKPN Tarutung dapat menjalin kerjasama yang berkesinambungan dengan World Partner (USA). UPB/TIPD