SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Time Line
Ditulis pada hari Kamis, 28 September 2017
447 Dilihat

STAKPN Tarutung Selenggarakan Lomba Pidato Bahasa Inggris (English Speech Contest) Tahun 2016

Kamis, 10 Nopember 2016 tepatnya pada peringatan Hari Pahlawan dilangsungkan kompetisi Pidato Bahasa Inggris di Tingkat mahasiswa STAKPN Tarutung yang diikuti oleh 70 orang peserta dari empat jurusan yaitu: PAK, Teologi, Pastoral Konseling dan Musik Gereja. Tema yang diperlombakan dalam kompetisi ini diantaranya: 1) The importance of English in Era of Globalization, 2) The Use of Technological Device in Education, 3) The Importance of Discipline in Students Life, 3) Students Contribution to National Development. Sebelum kompetisi dimulai, terlebih dahulu dilaksanakan ibadah singkat yang dipimpin oleh Rev. Eugene Yeo dari Singapura dengan tema “kesuksesan dalam iman dan karir”. Kemudian dilanjutkan dengan laporan panitia yang disampaikan oleh Raikhapoor, M.Hum selaku ketua panitia. Selanjutnya, kompetisi dibuka secara resmi oleh Ketua STAKPN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd dan dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini baik  dan sangat positif demi melatih dan mempertajam keterampilan mahasiswa dalam menyampaikan ide dan gagasan di dalam bahasa Inggris di hadapan publik (Public Speaking). Dan beliau juga mengharapkan bahwa kegiatan ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan sekaligus sebagai agenda rutin dari Unit Pengembangan Bahasa STAKPN Tarutung. Dan untuk kompetisi berikutnya diharapkan jumlah peserta lebih banyak lagi, ujar beliau mengakhiri.

Dalam lomba pidato bahasa inggris ini, lima orang juri yang berperan sebagai penilai  berasal dari tiga negara yang berbeda, antara lain: 1) Dr. Wayne W. Allen, Ph.D dari Amerika Serikat, 2) Rev. Eugene Yeo dari Singapura, 3) Ev. Daphne Yeo dari Singapura, 4) Rev. Shadrach M. Escalona dari Filipina, dan 5) John Louie Berdejo dari Filipina.  Seluruh peserta pada kegiatan ini memperoleh sertifikat penghargaan dan para pemenang mendapat tropi dan uang pembinaan kampus. Total hadiah yang disediakan sebagai uang pembinaan kepada para pemenang sebesar Rp. 10.000.000,-  untuk seluruh peserta yang masuk ke dalam sepuluh besar (top ten).

Adapun para pemenang dalam kompetisi ini adalah sebagai berikut: peringkat 1). Sumarni Sitio (semester IX jurusan PAK), 2). Josua Simanungkalit (mahasiswa jurusan PAK semester III), 3). Artha Naomi Stephany Siahaan  (Mahasiswa jurusan PAK semester 1, 4). Yuri Anty Br Sianturi (mahasiswa jurusan PAK semester I, 5). Tetti Eviani (mahasiswa jurusan PAK semester III), 6). Hotma B. Panjaitan (mahasiswa jurusan PAK semester 5, 7). Sartika S Tamba (mahasiswa jurusan PAK semester V), 8). Dewi Triana Sihombing (mahasiswa jurusan PAK semester V), 9). Novita Simbolon (mahasiswa jurusan PAK semester III), dan 10). Pesta Oktafia Sinaga (mahasiswa jurusan PAK semester III). Kegiatan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Rev. Shadrach M. Escalona dari Filipina. Ke depan diharapkan kegiatan ini akan lebih semarak lagi dan diikuti lebih banyak peserta dalam rangka peningkatan minat para mahasiswa dalam ber bahasa inggris. UPB/TIPD