SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Time Line
Ditulis pada hari Kamis, 28 September 2017
592 Dilihat

KEGIATAN ORIENTASI PENDIDIKAN STAKPN TARUTUNG BERLANGSUNG SUKSES

Kegiatan Orientasi Pendidikan merupakan wujud nyata untuk memperkenalkan gambaran lingkungan kampus dalam rangka untuk proses adaptasi dan penyesuaian diri dengan “nuansa kehidupan kampus” di lingkungan perguruan tinggi. Demokrasi dan kebebasan mimbar akademik, pola belajar mandiri, hingga rasionalitas maupun daya kritis dalam menyikapi permasalahan, merupakan wujud dari “akademik atmosfir” yang perlu diperkenalkan kepada mahasiswa baru saat pertama mereka menginjakkan kakinya di lingkungan perguruan tinggi.

            Tidak terkecuali STAKPN Tarutung sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia juga turut sebagai penyelenggara Orientasi Pendidikan bagi mahasiswa/i baru yang ada di STAKPN Tarutung. Kegiatan yang bertempat di Auditorium Kampus 2 STAKPN Tarutung berlangsung dari tanggal 01 September 2016 s/d 02 September 2016. Sehari sebelumnya telah diadakan Pembekalan Orientasi Pendidikan yang diselenggarakan di Auditorium Kampus 2, pembekalan ini mencakup pembekalan umum, pembekelan teknis dan pembagian kelompok dan pendamping bagi para peserta ordik. Ada 4 (empat) orang narasumber dalam pelaksanaan ordik ini yang dibagi menjadi dua sesi, untuk sesi I (kamis) adalah : Dame Taruli Simamora, M.Pd.K (wakil Ketua I), Amudi Lumbantobing, M.Hum (Plt. Wakil Ketua III) sedangkan untuk Sesi II yaitu Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd (Ketua STAKPN Tarutung) dan Taripar Arifin Samosir, M.Si (Plt. Wakil Ketua II). Disela-sela sesi narasumber diselipkan juga sosialisasi singkat dari Unit Perpustakaan tentang E-Perpustakaan dan Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data tentang E-Akademik sebagai bentuk pengenalan awal penerapan sistem ini kepada para mahasiswa baru.

            Dalam sambutannya, Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd.K menyampaikan bahwa dalam mendukung pembangunan nasional, maka diharapkan sumber daya manusia Indonesia berkualitas dan lebih luas memberikan kontribusi dalam proses pembangunan bangsa di masa mendatang. STAKPN Tarutung sebagai salah satu unsur pelaksana (implementor) dari program pemerintah dalam bidang pendidikan tinggi, terus melakukan berbagai pendekatan terkait upaya pembentukan karanter generasi bangsa. Salah satunya adalah melalui pelaksanaan kegiatan Orientasi Akademik dan Kemahasiswaan bagi Mahasiswa Baru (ORDIK) ini. Melalui Ordik ini diharapkan akan terbentuk pribadi-pribadi mahasiswa yang memahami serta dapat mengamalkan nilai-nilai luhur bangsa, terutama saat mereka menyelesaikan studinya nanti, lulusan STAKPN Tarutung benar-benar dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa, ujar beliau. Diakhir sambutannya Ketua STAKPN Tarutung menyampaikan terimakasih kepada seluruh unsur yang turut berpartisipasi atas pelaksanaan Ordik Tahun ini. Dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta sekaligus membuka secara resmi Orientasi Pendidikan STAKPN Tarutung TA. 2016/2017. TIPD