SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Slide show
Ditulis pada hari Jumat, 20 Mei 2016
640 Dilihat

SEMINAR ILMIAH JURUSAN PASTORAL KONSELING TAHUN 2016

Jurusan Pastoral Konseling kembali menggelar kegiatan untuk pengembangan jurusan tersebut, kali ini genre kegiatannya adalah seminar ilmiah. Kegiatan ini berlangsung pada hari jumat (13/05/2016) di Aula Mini Kampus 2 STAKPN Tarutung. Seminar sehari ini langsung diikuti oleh Ketua STAKPN Tarutung Prof.Dr.Lince Sihombing, M.Pd didampingi Pejabat Fungsional, Dosen beserta mahasiswa STAKPN Tarutung. Seperti biasa, kegiatan ini diawali dengan kebaktian singkat dan selanjutnya arahan dan pembukaan resmi oleh Ketua STAKPN Tarutung.  

            Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini Ratna Saragih, M.Si dari Jurusan Pastoral Konseling STAKPN Tarutung dan Pdt. Dr. Totok S. Wiryasaputra, Th.M dari Universitas Kristen Satya Wacana Salagita. Beliau juga adalah Ketua Badan Pengurus Nasional Asosiasi Konselor Pastoral Indonesia (AKPI, Periode 2012 – 2017).

            Pada paparannya, Ratna Saragih, M.Si lebih membahas tentang metode studi kasus pada pastoral konseling. Metode studi kasus merupakan sebuah metode riset ilmiah praktis, dalam paparannya juga beliau membahas tentang  bagaimana tujuan metode studi kasus, bagaimana melakukan MSK, Berbagai macam studi kasus, prosedur studi kasus, bagaimana kelebihan dan Kelemahan Metode Studi Kasus dalam pastoral konseling. Sedangkan Pdt.Dr.Totok S. Wiryasaputra, Th.M dalam paparannya menyajikan Metode Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah Konseling Pastoral. Dalam kesempatan itu juga beliau menyampaikan untuk sampai kepada metode penelitian dan penulisan ilmiah pastoral konseling harus terlebih dahulu dipahami pembahasan kontekstual Pastoral Konseling, Lingkaran Sistemik Caring Ministry, kemudian baru masuk kedalam topik Penulisan Karya Ilmiah Konseling Pastoral kemudian Metodologi Penelitian. Untuk lebih apik memahami metode penelitian dan penulisan ilmiah konseling pastoral , beliau juga menyajikan Studi kasus agar semua peserta lebih memahami dalam mengaplikasikan metode penelitian dalam penulisan ilmiah konseling pastoral.

            Kegiatan ini berjalan dengan baik dengan diwarnai banyak tanya jawab antara peserta dan para narasumber. Diharapkan melalui Kegiatan Seminar Ilmiah ini, mahasiswa dan Lulusan jurusan pastoral konseling di kampus STAKPN Tarutung dapat berpikir secara komprehensif dalam melakukan pengembangan layanan, pembelajaran konseling umumnya dan konseling pastoral khususnya. TIPD