SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Pengabdian Masyarakat
Ditulis pada hari Senin, 22 Agustus 2016
1115 Dilihat

Seminar “Pengembangan Kreativitas Melalui Usaha Babi Organik dan Daun Kelor” oleh Prof. Ricardo Patricio dari Central Philippines University

Pada hari Jumat 16 Februari 2016 yang lalu STAKPN Tarutung menyelenggarakan seminar ekstrakurikuler pengembangan kreativitas bertajuk “Pengembangan Kreativitas Melalui Usaha Babi Organik dan Daun Kelor” yang bertempat di Gedung Auditorium STAKPN Tarutung. Seminar ini dibawakan oleh Prof. Ricardo Patricio dari Central Philippines University.

Dalam paparannya Prof. Ricardo Patricio memperkenalkan sistem berkebun organik yang disebut dengan FAITH Gardening. FAITH (Food Always in The Home) Gardening merupakan sistem berkebun rumah tangga dengan memanfaatkan pekarangan rumah yang tersedia. Menurut beliau yang memaparkan materi dengan bantuan penerjemah Martin Luther Purba, S.Th, FAITH Gardening dilakukan dengan cara bertani organik tanpa penggunaan obat-obat kimia. Pada kesempatan ini komoditi yang diperkenalkan untuk dibudidayakan dalam FAITH Gardening adalah daun kelor dan babi organik.

Tanaman kelor merupakan komoditi yang mempunyai manfaat bagi manusia namun tanaman ini belum dikelola dengan maksimal. Tanaman kelor dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan obat-obatan. Sementara babi organik merupakan ternak unggul yang pemeliharaannya ramah lingkungan karena tidak berbau dan tidak mengundang lalat.

Acara seminar yang dihadiri oleh staf pengajar dan mahasiswa STAKPN Tarutung serta masyarakat umum ini diawali dengan sambutan dari Ketua STAKPN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd. Ketua STAKPN Tarutung menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk menambah keterampilan mahasiswa yang dibutuhkan saat kembali ke masyarakat di masa mendatang.

(tipd)