SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Pengabdian Masyarakat
Ditulis pada hari Selasa, 14 November 2017
41 Dilihat

KETUA STAKP NEGERI TARUTUNG MEMBUKA KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT DI DESA SABUNGAN NIHUTA KEC. SIPAHUTAR 28 DAN 29 OKTOBER TAHUN 2017

Ketua STAKP Negeri Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd, Sabtu 28 Oktober 2017 membuka secara resmi kegiatan Pengabdian masyarakat STAKPN Tarutung di Desa Sabungan Nihuta Kecamatan Sipahutar kabupaten Tapanuli Utara. Dalam bimbingan dan arahannya beliau mengatakan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat STAKPN Tarutung merupakan kegiatan / agenda tahunan yang dilakukan oleh STAKP Negeri Tarutung dalam rangaka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Beliau mengatakan bahwa perguruan tinggi sebagai lembaga Pendidikan Tinggi harus bisa membangun komunikasi dan  interaksi dengan masyarakat melalui kegiatan pengabdian.

Dalam arahannya Ketua STAKP Negeri Tarutung mengajak semua masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan ikut terlibat serta mendukung kegiatan STAKP Negeri Tarutung dalam melaksanakan Pengabdian bagi masyarakat di Desa Sabungan Nihuta II Kecamatan Sipahutar yang dilaksanakan selama 2 hari.

Ketua Tim Pelaksana kegiatan Pengabdian Masyarakat STAKP Negeri Tarutung Sudirman Lase, M.Pd.k yang juga sekaligus sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Ka.P3M) STAKP Negeri Tarutung dalam Laporannya mengatakan bahwa Salah satu bentuk kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat tidak hanya dilakukan oleh para dosen tetapi juga oleh para mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya dituntut memiliki keterampilan intelektual saja, tetapi juga memiliki kemampuan berkomunikasi interpersonal, bekerjasama, dan kemampuan memimpin ataupun dipimpin. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan kemampuan mahasiswa yakni melalui interaksi dengan masyarakat dalam bentuk kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini sekaligus merupakan wadah pelatihan bagi civitas akademik untuk mengimplementasikan berbagai disiplin ilmu yang dimiliki sesuai dengan jurusan atau keahlian masing-masing.

Kegiatan Pengabdian masyarakat merupakan program yang sangat strategis untuk mendekatkan institusi STAKPN TARUTUNG dengan masyarakat melalui kegiatan yang mengarah langsung kepada masyarakat yakni melalui  Penyuluhan dan Pembinaan dibidang pendidikan, kerohanian, sosial, ekonomi, psikologi, keterampilan seni serta kegiatan bakti sosial/ gotong royong dalam pembenahan sarana-sarana umum. Sehingga melalui kegiatan pengabdian masyarakat, eksistensi Lembaga STAKP Negeri Tarutung semakin dirasakan manfaatnya oleh seluruh lapisan masyarakat.

Kegiatan pengabdian masyarakat STAKPN Tarutung di laksanakan selama 2 hari yakni tanggal 28 dan 29 Oktober 2017 dengan melibatkan Monitoring dari unsure pimpinan STAKPN Tarutung, kordinator kegiatan  dari unsure dosen 11 orang dan mahasiswa sebanyak 83 orang sebagai anggota serta masyarakat desa Lansia, Pemuda, Guru Sekolah Minggu dan Kelompok Paduan Suara sebanyak 110 orang sebagai peserta.

Sebelum kegiatan pengabdian dimulai, terlebih dahulu tim pelaksana melakukan observasi di desa sabungan nihuta II sipahutar. Kegiatan observasi dilakukan selama 3 kali yakni (sabtu 3 Oktober, kamis 12 oktober dan 21 oktober 2017). Dan akhirnya disepakati  Tanggal 28 dan 29 oktober 2017 kegiatan pengabdian dilaksanakan.

Dalam acara pembukaan di hadiri oleh Kapolsek Sipahutar, Pendeta Gereja HKI Siparendean, Guru Huria HKI Siparendean, Majelis Gereja, Kepala Desa Sabunga Nihuta II dan Tokoh Masyarakat.