SEKOLAH TINGGI AGAMA KRISTEN PROTESTAN NEGERI TARUTUNG
English
Berita Time Line
Ditulis pada hari Kamis, 28 September 2017
240 Dilihat

FORUM GROUP DISCUSSION : Perubahan Manajemen STAKPN Tarutung Pasca IAKN Melalui Optimalisasi Good Institution Governance

STAKPN Tarutung menggelar kegiatan Forum Group Discussion dalam rangka Peningkatan Status dari Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri (STAKPN) Tarutung menjadi Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung. Perjalanan panjang yang sudah dilalui STAKPN Tarutung untuk beralih status menjadi IAKN merupakan kerinduan seluruh civitas akademika dan juga seluruh masyarakat Tapanuli Utara. Mengingat STAKPN Tarutung adalah satu-satunya Sekolah Tinggi Keagamaan Kristen berstatus Negeri yang ada di wilayah Bagian Barat Indonesia, sudah selayaknya STAKPN Tarutung dinaikkan status menjadi Institut. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Dosen,Mahasiswa, dan Pegawai STAKPN Tarutung, sementara undangan dihadiri oleh BKAG Taput, LADN Taput, DPRD Sumatera Utara, DPRD Tapanuli Utara, Pemkab Tapanuli Utara, Pemkab Humbang Hasundutan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan lain sebagainya.

            Acara kegiatan ini di mulai dengan Doa Pembuka yang dibawakan oleh Pdt. Andar Gunawan Pasaribu, M.Pd.K (Dosen STAKPN Tarutung). Kemudian Upacara Kenegaraan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya  yang dibawakan oleh Monang Sianturi, M.Sn (Dosen STAKPN Tarutung). Dilanjutkan dengan Ucapan selamat datang dari Ketua STAKPN Tarutung Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd kepada semua tamu undangan yang hadir pada saat ini serta menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya atas kedatangan tamu undangan yang hadir. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Dr. Hasudungan Simatupang (Kepala Bidang Bimas Kristen Kanwil Kementerian Agama Prov. Sumatera Utara).

            Ketua Badang Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Tapanuli Utara (Pdt. Drs. S. Hasugian) memberikan kata sambutan pertama dalam FGD tersebut. Kemudian dilanjutkan kata sambutan oleh Ketua Lembaga Adat Dalihan Natolu Tapanuli Utara (Barto Pasaribu). Kedua tokoh ini mendukung penuh rencana peningkatan STAKPN Tarutung menjadi IAKN. Selanjutnya Kepala Bidang Bimas Kristen Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sumatera Utara turut memberikan kata sambutan pada kegiatan ini.

            Dari Sisi Legislatif, Ketua DPRD Tapanuli Utara Ir. Ottoniyer Simanjuntak turut memberikan kata sambutan dan sangat mendukung peralihan status STAKPN Tarutung menjadi IAKN Tarutung. Sementara  dari Anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Ir.Juliskit Simorangkir turut memberikan kata sambutan sekaligus memberikan dukungan peralihan status STAKPN Tarutung.

            Mewakili Bupati Tapanuli Utara hadir Edwart R. Tampubolon (Sekretaris Daerah), dalam sambutannya Drs. Nikson Nababan melalui Sekda Taput menyampaikan dukungan agar kiranya peralihan status STAKPN Tarutung menjadi IAKN Tarutung dapat segera terwujud. Mewakili Bupati Humbang Hasundutan hadir Saul Situmorang, M.Si (Sekretaris Daerah) turut memberikan dukungan untuk STAKPN Tarutung. Drs. Syafrizal, M.Si  (Ka. Biro umum Kementerian Agama) menutup memberikan sambutan dalam rangka Perubahan manajemen STAKPN Tarutung Pasca IAKN. Adapun Tim Visitasi yang hadir pada acara ini antara lain : Yan Kristianus Kadang, MM (Direktur Pendidikan Kristen Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama), Hanung Cahyono, SH, LLM (Asisten Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Sekretariat Negara), Mujibudda’wah (Kasubdit HPP PNBP Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan), Defriansyah RS, SH, MH (Ka.Sub Bidang Agama dan Pendidikan Kementerian Sekretariat Negara), Afrizal Zen, M.Si (Kementerian Agama). Acara dilanjutkan dengan penyematan cinderamata berupa Ulos Batak kepada Tim Visitasi dari Pusat oleh STAKPN Tarutung.

            Sementara Pejabat Kabupaten yang hadir dalam kegiatan ini yakni :Jasminto Simanjuntak (DPRD Taput), Parsaoran Hutagalung (Asisten I Taput), Ramses Silaban (Kabag Kesra Taput), Tanda Dongoran (Kabag Kessos Tobasa), Sarito D. Manalu (Kasubaag Kessos Tobasa), Dr. Wilson Simanjuntak (Kankemenag Taput), Despin Butarbutar, ST, Jeslin Sihombing, Ranap Manalu (Kominfo Taput), Jonni Manalu (Kominfo Taput), Jeffri Manalu (Setdakab Taput), Tulusman Aritonang (Setdakab Taput), Hotman Hutasoit (Kominfo), Sugito Panjaitan (Kabag Kessos Taput).

            Acara dilanjutkan dengan Forum Diskusi untuk membahas kelayakan STAKPN Tarutung menjadi IAKN Taput. Di hari kedua Tim Visitasi mengunjungi beberapa obyek vital STAKPN Tarutung guna melihat kelayakan dari sisi Infrastruktur yang dimiliki sebelum Tim bertolak ke Jakarta. TIPD